Sabtu, 09 Juni 2012

Anime Yang Pernah Berjaya tahun 90'an Bagian I

Saatnya kembali bernostalgia, bagi kamu yang lahir di tahun 80an akhir menginjak 90an pasti akan mengenal anime-anime ini yang pernah berjaya menghiasai layar kaca indonesia. Di tahun 80an menginjak 90an anime pernah sangat rame menghiasi hampir seluruh stasiun televisi indonesia, tidak seperti sekarang anime hanya ada di stasiun tv tertentu. Dan Hari Minggu disebut Hari nya Kartu (anime) karena dari pagi ampek siang diputar bermacam-macam kartun (anime) oleh beberapa stasiun televisi.
Inilah beberapa anime yang menurut saya pernah sangat booming di era 90an.

1. Saint Saiya
Saint Seiya (聖闘士星矢 Seinto Seiya) ialah anime dan manga karya Masami Kurumada. Anime Saint Seiya diproduksi oleh Toei Animation dan pertama kali disiarkan di TV Asahi, Jepang pada tanggal 11 Oktober 1986. Anime Saint Seiya disiarkan di Indonesia oleh stasiun televisi TVRI Yogyakarta pada tahun 1987 hingga 1990, TVRI Pusat Jakarta pada tahun 1988 sampai 1991, RCTI pada akhir 1991 sampai Medio 1995 dan Indosiar pada 2001-2002 dan Medio 2005 hingga akhir 2005, dan manganya masuk ke Indonesia melalui Rajawali Grafiti yang juga dikenal dengan judul Ksatria Zodiak.

Manga ini bercerita tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint" dan memiliki kekuatan berdasar pada pelindung tubuh (armor) yang disebut "Cloth", yang berasal dari rasi bintang masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus yang disebut "Cosmo". Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi dari Dewi Athena (Dewi perang dan kebijakan). Saori dulunya berada di Sanctuary, tempat para Saint yang mengabdi pada Athena. Tetapi, salah satu Saint berkhianat dan memperdaya Saint lain untuk membunuh Saori bayi.
Saint Sagitarius yang menyadari kekeliruan berusaha menyelamatkan Saori. Ketika Sagitarius hampir tewas, dia menitipkan bayi Saori pada seorang konglomerat dan memintanya untuk membesarkan Saori. Setelah dewasa, Saori lalu mengumpulkan Saint-Saint yang dijadikan pelindungnya. Mereka bersumpah setia dibawah perintah Saori. Mereka lalu pergi ke Sanctuary untuk menggulingkan kekuasaan sesat Saint Gemini yang menjelma menjadi Pope (Paus), setelah membunuh Pope yang asli.

Tokoh Utama
1. Pegasus Seiya
2. Dragon Shiryu
3. Cygnus Hyoga
4. Andromeda Shun
5. Phoenix Ikki

2. Sailormoon
Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン Bishōjo Senshi Sērā Mūn?, dikenal juga dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon) adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan kristal perak.

Seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku) mengejar seseorang lelaki bertuxedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.
Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor-V, ia berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan Luna yang membuatnya berubah menjadi Sailor Moon. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman baru yang juga termasuk pengawal kerajaan bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor-V yang ternyata adalah Sailor Venus, kepala pengawal kerajaan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita dia bertemu dengan sailor lainnya hingga bertemu dengan anaknya pada masa depan, Chibiusa (pada versi Sailormoon Super).
Setelah berbagai pertempuran hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, Sailor Moon bertemu dengan sailor dari galaksi lain.
Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar kristal perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.

Tokoh Utama
1. Usagi Tsukino (Sailormoon)
2. Mamoru Chiba (Taxido Bertopeng)
3. Chibiusa/ Usagi kecil (Sailor Chibi Moon)
4. Ami Mizuno (Sailor Mercury)
5. Rei Hino (Sailor Mars)
6. Makoto Kino (Sailor Jupiter)
7. Ai Minako (Sailor Venus)

3. Shurato / Shulato
Legenda Sphere Surgawi Shurato (天空戦記 Tenkū Senki Shurato ? , lit "Shurato dari Perang Surga"., kadang-kadang dieja dalam Siddhaṃ script pada barang dagangan dan logo terkait sebagai px px : Sepuluh · ku · u · · ki · Sem Su · ra · untuk), adalah Jepang manga dibuat, ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroshi Kawamoto dan kemudian diadaptasi ke anime dengan Produksi Tatsunoko . Itu berlari 38 episode di TV Tokyo dari tanggal 6 April 1989 sampai 18 Januari 1990 dan juga melahirkan 6 episode OVA seri bernama Shurato: Dark Kejadian (シュラト創世への Shurato Sosei e tidak Anto ? , lit "Shurato.: The Feud Rahasia Penciptaan "), yang berlari dari tanggal 16 Agustus 1991 sampai 16 Maret 1992. Itu adalah salah satu yang paling populer Shonen serangkaian 1989.
Terletak di sebuah dunia paralel yang disebut "Tenkūkai", yang ada di samping Bumi, kekuatan jahat yang dikenal sebagai Dewa Asura mengancam untuk mengatasi kekuatan-kekuatan yang baik, menyebabkan pemimpin magis dunia ini untuk mengangkut prajurit dari Bumi ke dunia mereka. Hal ini sangat didasarkan pada mitologi Hindu dan Buddha, dan menutupi berbagai topik, termasuk persaudaraan, reinkarnasi, persahabatan , antar-dimensi perjalanan, takdir, dan sihir roh

Plot berkisar dua non-keturunan saudara , Shurato Hidaka dan Gai Kuroki, teman terbaik seumur hidup yang berlawanan satu sama lain dalam penampilan dan kepribadian. Sementara berkelahi satu sama lain dalam sebuah turnamen seni bela diri, mereka tiba-tiba terbungkus dalam seberkas cahaya dan diangkut ke dunia paralel, Tenkūkai, dimana teknologi modern tidak ada dan sebaliknya orang mengandalkan Sohma, suatu bentuk energi spiritual.
Shurato menemukan ia sebenarnya adalah reinkarnasi dari seorang raja kuno dari nama yang sama, yang pernah menguasai dunia ini, dan salah satu "Hachibushu", sekelompok delapan prajurit legendaris dengan jumlah besar Sohma, dan dibawa ke sini bersama dengan Gai untuk melawan para Dewa Asura, sebuah legiun prajurit merusak. Namun, untuk alasan yang tidak diketahui, Gai mencoba untuk membunuh Shurato berulang kali, membingungkan Shurato sebagai Gai nyata adalah pasifis dan orang yang paling berbelas kasih dia tahu.
Hal yang cepat salah saat Shurato dan lain dari Hachibushu, Sepuluh-ō Hyuga, dibingkai untuk membatu dari Lady Wisnu , sebuah keilahian kuat dan pemimpin rakyat Tenkūkai. Pelaku sebenarnya, penasihat tertinggi Wisnu dan Asura mata-mata Indrah , dan Gai rusak berhasil meyakinkan sisa Hachibushu, serta semua prajurit Tenkūkai dan tentara, yang Shurato dan Hyuga adalah jahat dan harus dibunuh.
Meskipun pada awalnya enggan untuk terlibat, Shurato akhirnya memutuskan untuk membantu Hyuga dalam mengungkap konspirasi dan menyembuhkan Wisnu. Mereka disertai oleh semangat Tenkūkai muda pendeta Lakshu, dan dua lainnya dari Hachibushu, Ryu-ō Ryoma dan Karura-ō Reiga. Sepanjang jalan, mereka terlibat dalam pertempuran dengan empat lain dari Hachibushu, jahat Asura agen di liga dengan Indrah, dan mayoritas penduduk Tenkūkai itu.
 
4. Magic Knight Rayearth
Magic Knight Rayearth (魔法骑士"(マジックナイト) Majikku Naito Reiāsu ? ) adalah Jepang manga series dibuat oleh Clamp , seorang seniman manga tim yang dibuat oleh Satsuki Igarashi , Ageha Ohkawa , Tsubaki Nekoi dan Mokona . Rayearth menggabungkan elemen dari magis gadis dan mecha anime genre dengan dunia paralel fantasi. Manga telah diadaptasi menjadi dua anime seri pada tahun 1994 dan animasi video asli (OVA) pada tahun 1997.

Hikaru Shidou , Umi Ryuuzaki , dan Fuu Hououji berada di perjalanan lapangan ke Tokyo Tower dengan sekolah masing-masing. Gadis-gadis dibutakan oleh kilatan cahaya dan mendengar suara menyerukan Knights Sihir legendaris untuk menyimpan Cephiro. Mereka jatuh melalui langit ke dunia lain, Cephiro. Sesampai di sana, mereka bertemu Guru Mage Clef. Clef menjelaskan, "[Dalam Cephiro], kehendak seseorang memiliki kemampuan untuk mengubah realitas untuk lebih baik atau lebih buruk itu gelap. ketakutan dalam hati orang-orang menjadi monster, sementara keinginan baik yang dimaksudkan dapat melakukan keajaiban . Satu orang, Pilar, yang kehendaknya adalah lebih kuat dari orang lain, bertanggung jawab untuk menjaga melalui doanya kesejahteraan dari Cephiro. "
Dalam busur cerita pertama, Pilar saat ini, Putri Emeraude, telah ditangkap oleh imam besar itu, Zagato. Ketiga gadis dibebankan dengan tugas Cephiro menghemat dengan mengaktifkan tiga Rune-Dewa Mashin ? ). Mereka diberi makhluk aneh bernama Mokona untuk membimbing mereka dalam perjalanan mereka. Setelah anak perempuan menemukan dan menghancurkan Zagato, mereka akhirnya mencapai Emeraude, tetapi mereka mengetahui bahwa ia telah jatuh cinta dengan Zagato, menghambat kemampuannya untuk berdoa semata-mata untuk Cephiro kesejahteraan. Mereka pada awalnya percaya bahwa Zagato telah berusaha untuk memecahkan masalah dengan caranya sendiri dengan mencuri dan memenjarakan Emeraude, tetapi sebenarnya, dia dipenjara dirinya sendiri. Merasa bertanggung jawab atas tindakannya, dia memanggil Knights Magic untuk membunuhnya karena tidak ada satu dari Cephiro dapat membahayakan Tiang. Sisi gelapnya kemudian mengambil alih, berusaha untuk menghancurkan Ksatria Magic untuk membunuh cintanya. Setelah pertarungan singkat defensif terhadap Emeraude, Ksatria Sihir punya pilihan selain membunuhnya.
 Penawaran busur kedua cerita dengan komplikasi yang disebabkan oleh klimaks musim pertama: tiga planet berperang, Autozam, Fahren, dan Chizeta, telah mulai upaya mereka untuk menaklukkan Cephiro dan Pilar baru harus dipilih sebelum seluruh planet ini hancur. Hikaru, Umi, dan Fuu sekali lagi dipanggil ke Cephiro. Hal ini kemudian menemukan bahwa Hikaru, Umi, dan kehendak Fuu untuk pergi ke Cephiro mengirim mereka kembali sekali lagi di anime, sedangkan di manga mereka dipanggil oleh Mokona.
 Akhirnya, Hikaru dipilih untuk menjadi Pilar baru. Namun, ia memberontak terhadap sistem Pilar, memutuskan bahwa nasib planet ini tidak harus menjadi tanggung jawab hanya satu orang yang, seperti Emeraude depannya, efektif mencegah orang tersebut dari yang pernah bisa hidup dan mencintai dengan bebas.
 Hikaru, dan Fuu Umi kembali ke bumi, tapi masih dapat mengunjungi orang yang mereka cintai di Cephiro.

5.   YuYu Hakusho
YuYu Hakusho (幽☆游☆白 Yu Yu Hakusho ? , lit "File Ghost". atau "Poltergeist Report") adalah Jepang manga series ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi . Nama seri dieja YuYu Hakusho di Viz Media manga Yu Yu Hakusho dan dalam distribusi bahasa Inggris lainnya waralaba. Serial ini bercerita tentang Yusuke Urameshi , seorang remaja nakal yang dipukul dan dibunuh oleh sebuah mobil ketika mencoba untuk menyelamatkan kehidupan anak. Setelah sejumlah tes disajikan kepadanya oleh Koenma , putra penguasa Underworld akhirat, Yusuke dihidupkan kembali dan diangkat judul "Detektif Underworld", dengan mana ia harus menyelidiki berbagai kasus yang melibatkan setan dan penampakan di dunia manusia. Manga menjadi lebih fokus pada seni bela diri pertempuran dan turnamen karena berlangsung. Togashi mulai menciptakan YuYu Hakusho sekitar November 1990, seri mendasarkan pada kepentingan dalam okultisme dan film horor dan pengaruh Buddha mitologi.

YuYu Hakusho berikut Yusuke Urameshi , tunggakan jalan-berkelahi yang, dalam tindakan seperti biasanya dari altruisme , yang tertabrak mobil dan tewas dalam upaya untuk menyelamatkan seorang anak muda dengan mendorong dia keluar dari jalan. hantu Nya disambut oleh Botan , seorang wanita yang memperkenalkan dirinya sebagai pilot dari Styx River , yang feri jiwa ke "Underworld" di mana mereka dapat dinilai untuk akhirat. Botan menginformasikan Yusuke bahwa tindakan itu telah menangkap bahkan Underworld terkejut dan bahwa belum ada tempat yang dibuat untuk dia baik di surga atau neraka. Jadi Koenma , putra Raja penguasa Underworld yang Enma , menawarkan Yusuke kesempatan untuk kembali ke tubuhnya melalui serangkaian tes. Yusuke berhasil dengan bantuan temannya Keiko dan Kazuma Kuwabara . Setelah kembali ke kehidupan, Koenma hibah Yusuke judul "Detektif Underworld", pengisian dia dengan menyelidiki kegiatan supranatural dalam dunia manusia. Segera Yusuke dimatikan pada kasus pertamanya, mengambil tiga harta dicuri dari Underworld oleh sekelompok setan: Hiei , Kurama . dan Goki  Yusuke mengumpulkan tiga kekayaan dengan bantuan teknik yang baru, "Rei Gun", suntikan aura energi mental dipecat dari jari telunjuknya. Dia kemudian berjalan ke pegunungan untuk mencari artis, perempuan berusia bela diri Genkai . Bersama dengan rivalnya Kazuma Kuwabara , Yusuke berjuang melalui sebuah turnamen yang diselenggarakan oleh Genkai untuk menemukan penggantinya. Yusuke menggunakan kompetisi sebagai penutup untuk mencari Rando , setan yang mencuri teknik master seni bela diri dan membunuh mereka. Yusuke kekalahan Rando di babak final turnamen dan kereta api dengan Genkai selama beberapa bulan, mendapatkan penguasaan yang lebih lebih auranya. Yusuke kemudian dikirim ke Castle Maze di Underworld mana Kuwabara dan Kurama baru direformasi dan Hiei membantunya dalam mengalahkan Empat hewan , kuartet setan mencoba untuk memeras Koenma ke dalam menghilangkan penghalang menjaga mereka keluar dari dunia manusia.
 

sumber: 
http://bagusseven.blogspot.com/2010/10/shulato.html
http://kang-tejo.blogspot.com/2012/01/anime-anime-yang-pernah-berjaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar